Minggu, 20 November 2016

Kesimpulan

TUGAS MANDIRI
Kesimpulan dari e-book Perdagangan dan Pekerjaan di Sektor Jasa di Indonesia
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Pemasaran Jasa
Dosen :
Tubagus Wahyudi, S.E

Isriyani
15032039
Administrasi Bisnis


Institut Manajemen Wiyata Indonesia
(IMWI)
Jl. Gudang No. 7-9 Sukabumi 43112
Jawa Barat, Indonesia





Jasa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perekonomian dan ketenagakerjaan Indonesia sejak dilanda krisis keuangan. Tercatat pada tahun 2000 permintaan jasa meningkat lebih dari 20% dari pertanian dan manufaktur setelah terjadi krisis keuangan.
Pekerjaan di sektor jasa dapat dilihat dari presentase dalam penelitian bahwa distribusi pekerjaan dalam kegiatan sektor jasa yang paling besar adalah di sektor perdagangan ritel dan sektor pendidikan menempati posisi ke tiga sebesar 9%. Pada tahun 2005-2010 pangsa pekerja yang berpendidikan tinggi yang bekerja dalam sektor pendidikan maupun perdagangan meningkat 3 hingga 5% dan dalam sektor perdagangan ternyata lebih di dominasi oleh perempuan yang cenderung lebih rapi dan mampu menangani keuangan, berbeda dengan sektor transportasi darat yang banyak didominasi oleh laki-laki yang cenderung bekerja dengan alat berat. 
Pada tahun 2000-2010 ekspor perdagangan jasa tumbuh 10% lebih besar dari perdagangan barang. Ternyata ekspor pekerjaan yang disediakan sektor jasa yang terkait  lebih besar 7,1 juta dari jumlah total pekerjaan yang diciptakan oleh semua ekspor manufaktur yang berjumlah kurang dari 5 juta pekerjaan.
Secara absolut, Indonesia telah menjadi pemasok tenaga kerja besar ke Asia Timur dan Timur Tengah yang sebagian besar tidak memiliki keterampilan. Ekspor jasa tenaga kerja memang menguntungkan, hal ini dapat dilihat remitan dari migrasi ke luar sangat besar dan Indonesia berada di peringkat 20 besar dalam hal tingkat penghasilan devisa tahunan. Namun, bagi TKI sendiri ada dua masalah kebijakan besar yang saling berkaitan yaitu rendahnya keterampilan pekerja yang bekerja diluar negeri serta rendahnya upah dan kondisi kerja yang dihadapi TKI diluar negeri.
Reformasi di sektor jasa saat ini memiliki keuntungan besar bagi investor dalam maupun luar negeri dengan adanya perjanjian perdagangan regional ASEAN di bawah rubrik AFAS yang telah mempromosikan perdagangan jasa melalui deregulasi dan adanya penghapusan beberapa hambatan terhadap persaingan asing maupun lokal. 

Sumber : http://www.ilo.org/eutrade

1 komentar: