TUGAS MANDIRI
Analisis
Pelanggan dan Pelayanannya
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah
Manajemen Pemasaran
Dosen :
Tubagus Wahyudi, S.E
Isriyani
15032039
Administrasi Bisnis
Institut
Manajemen Wiyata Indonesia
(IMWI)
Jl. Gudang No. 7-9 Sukabumi 43112
Jawa Barat, Indonesia
Telp (0266) 235717
Menjalin hubungan yang baik
dengan pelanggan memang seharusnya dilakukan oleh perusahaan agar tidak terjadi
kehilangan pelanggan. Menjaga pelanggan salah satunya adalah dengan cara memberikan pelayanan
yang maksimal agar pelanggan yang sudah ada tidak beralih kepada pesaing. Namun
dalam hal pelayanan, ternyata pelanggan memiliki selera yang berbeda-beda.
Untuk itu, kita harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan dan kita
harus mempelajari pelanggan agar tidak merasa dikecewakan dengan pelayanan yang
kita berikan. Adapun cara mengetahui keinginan pelanggan diantaranya adalah :
- Kuesioner, dalam hal ini Anda seorang pengusaha atau pemilik perusahaan dapat memberikan kuesioner kepada pelanggan Anda untuk mengetahui apakah barang dan pelayanan yang Anda berikan puas atau tidak.
- Bertanya langsung kepada pelanggan, namun ini jarang terjadi apabila menyangkut pelayanan. Karena secara tidak langsung pelanggan tidak akan nyaman dengan pertanyaan yang langsung Anda utarakan kepadanya, berbeda dengan kuesioner.
- Jaadilah pelanggan bagi bisnis Anda sendiri. Posisikan diri Anda sebagai pelanggan bagi bisnis Anda sendiri, ini akan sedikit membantu untuk mengetahui pelayanan apa yan dibuthkan oleh pelanggan Anda.
- Melihat data statistik pelanggan, jika Anda ingin mengetahui kepuasan pelanggan, Anda dapat melihatnya melalui analisa pelanggan. Jika pelanggan Anda kembali lagi ke perusahaan Anda dan membeli barang yang Anda jual secara berulang-ulang bisa dipastikan bahwa pelanggan tersebut puas dengan barang yang Anda jual dan juga pelayanannya. Namun, jika pelanggan Anda tidak kembali lagi atau mereka hanya sekali saja membeli barang yang Anda jual, bisa dipastikan bahwa pelanggan Anda kurang puas dengan kualitas barang yang dijual juga pelayanannya.
Seperti contoh dalam sebuah toko
yang saya datangi dengan bermaksud untuk berbelanja di toko tersebut namun
karena pelayanan yang diberikan oleh pelayannya kurang memuaskan akhirnya saya
tidak jadi membeli barang yang diperjual belikan di toko tersebut. Singkat cerita,
pada hari itu saya ingin membeli sendal untuk sehari-hari di salah satu toko
yang ada di Sukabumi. Namun, selagi saya berkeliling dan melihat-lihat barang
yang sekiranya cocok untuk saya, ternyata
pelayannya terus menerus mengikuti saya dan teman saya sehingga menjadikan saya
merasa risi dengan “pengintayan” para pelayannya. Setelah dirasa cukup puas
melihat-lihat, akhirnya saya memutuskan untuk tidak membeli apa yang menjadi
tujuan saya.disamping pelayanannya yang kurang baik menurut saya juga tidak ada
barang yang cocok yang menjadi tujuan saya. Karena bagi sebagian orang termasuk
saya merasa kurang efektif jika ada pelayan yang mengikuti seakan-akan kita hendak
mencuri. Padahal tujuan mereka hanyalah untuk mempermudah kita sebagai pelanggannya
untuk bertanya atau meminta bantuan lain perihal barang yang akan dibeli. Namun
ternyata pelayanan yang seperti itu malah membuat pelanggan beralih kepada pesaing
dan itu jangan sampai terjadi pada perusahaan Anda karena pelayanan yang
diberikan oleh pelayan perusahaan Anda. Karena itu akan berpengaruh besar
terhadap perusahaan Anda. Namun tidak semua orang merasakan apa yang saya rasakan
jika diberikan pelayanan seperti itu. Toh
masih banyak pelanggan yang bedatangan ke toko tersebut dan merasa nyaman
dengan pelayanan yang diberikan oleh pelayan dari perusahaan tersebut.
Sekian
artikel yang saya buat, mohon maaf apabila masih banyak kesalahan. Terimakasih,
semoga bermanfaat J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar