Senin, 07 November 2016

Analisis Video "True Cost" Green Marketing

TUGAS MANDIRI
Analisis Video “True Cost” Green Marketing
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran
Dosen :
Tubagus Wahyudi, S.E.

Isriyani 
15032039
Administrasi Bisnis 

Institut Manajemen Wiyata Indonesia
(IMWI)
Jl. Gudang No. 7-9 Sukabumi 43112
Jawa Barat, Indonesia
Telp (0266) 235717




Analisis Video “True Cost”
Untuk abad sekarang pembuatan pakaian adalah hasil outsourcing di beberapa negara berkembang di dunia. Sedangkan mereka yang berada di negara maju hanya memakai tanpa tahu prosesnya bagaimana. Mereka yang membuat rancangan pakaian dan meminta rancangan tersebut dibuat oleh pekerja yang ada di negara berkembang dengan upah yang sangat minim, juga dengan adanya pemotongan biaya operasional dan mengabaikan keamanan sehingga kecelakaanpun terjadi tak bisa dielakkan. sedangkan mereka bernegosiasi dengan harga rendah dan keuntungan yang besar. Mereka tidak mengetahui bagaimana sulitnya orang-orang di negara berkembang menanam bahan baku kain, memprosesnya kemudian menjadi pakaian yang siap pakai. Banyak orang-orang di negara bekembang, salah satunya Bangladesh yang hidup dengan kekayaan dibawah rata-rata dengan angka kematian yang tinggi karena banyaknya yang bunuh diri dan akibat dari pencemaran yang disebabkan oleh banyak perusahaan di negara tersebut yang membuang limbah pabrik ke sungai dan lingkungan sekitar yang tidak bisa diurai oleh bakteri yang ada di tanah.  

Zaman sekarang terutama di negara bekembang banyak sekali investor asing yang menanamkan saham mereka pada perusahaan tertentu yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan keuntungan financial. Namun, dari sekian banyak investor hanya ada beberapa yang mementingkan klien mereka. Dan apabila ada perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia apakah harus diterima ataukah ditolak? Itu tergantung dari kebutuhan perusahaannya sendiri, jika perusahaan tersebut kiranya membawa keuntungan dan tidak merugikan kita dan bumi kita, baiknya di terima. Namun, apabila lebih banyak meruginya dibanding menguntungkan, tidak ada salahnya jika ditolak karena kita sebagai warga Indonesia yang merasakan untung ruginya keberadaan perusahaan yang berinvestasi di bumi pertiwi kita.
Jika diposisikan kita sebagai konsumen hal positif yang dapat kita ambil adalah diantaranya
  • Bertambahnya lapangan pekerjaan, sehingga akan mengurangi angka pengangguran dan tidak harus bekerja diluar negeri dan masih tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak harus meninggalkan keluarga.
  • Biasanya perusahaan yang berinvestasi adalah dari negara maju dan negara maju sudah memiliki teknologi yang lebih canggih dari negara berkembang. Dengan adanya perusahaan asing yang berinvestasi di negara berkembang seperti Indonesia, maka  teknologi canggih dapat kita ketahui dan pelajari. 
  • Dengan adanya peusahaan asing yang berinvestasi di dalam negeri lebih memudahkan kita sebagai konsumen memenuhi kebutuhan yang diperlukan dengan tersedianya barang pemuas kebutuhan masyarakat.

Dan hal negatif yang akan kita terima diantaranya adalah : 
  • Kerusakan lingkungan, semakin banyak perusahaan asing semakin banyak pula kerusakan lingkungan yang terjadi. Dimana semua limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan, baik pencemaran udara maupun tanah yang mengakibatkan terganggunya kesehatan masyarakat. 
  • Berkurangnya sumber daya alam, seperti yang kita ketahui bayak sekali perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dengan kekayaan yang melimpah dan itu merpakan salah satu keuntungan bagi mereka sehingga mereka menggunkannya secara berlebihan yang berakibat sumber daya alam yang tersedia berkurang. 
  • Berkurangnya lahan, semakin berkembangnya perusahaan asing d Indonesia, semakin berkurang pula lahan untuk pertanian karena digunakan untuk mendirikan pabrik. Dan mengurangi sektor pertanian karena lahan yang dijadikan mata pencaharian digunakan untuk mendirikan industri.

Konsep green marketing : 
  1. Jadilah asli 
  2. Didiklah konsumenmu 
  3. Berikan konsumenmu kesempatan  untuk berpartisipasi

       Konsep green marketing mnegajarkan kita bagaimana kita harus memproduksi bahan-bahan yang alami, tidak merusak kesehatan namun juga tidak merusak alam. Disana konsep green marketing mendidik kita sebagai konsumen yang cerdas, yang peduli lingkungan. Konsep green marketing ini mengajarkan kita untuk jujur mengenai apa yang akan kita pasarkan, jangan sampai kita membohongi konsumen dengan deskripsi produk kita tehadap mereka namun ternyata kenyataannya berbeda.

Adapun saran yang barang kali dapat membantu kita sebagai konsumen maupun produsen yakni berbisnislah dengan cerdas, jangan mementingkan diri sendiri dan golongan saja tetapi fikirkan pula dampak terhadap orang lain dan makhluk hidup lainnya yang ada di muka bumi ini.  Kita harus menjaga bumi kita dari kerusakan dengan tidak membuang limbah sembarangan yang akan mengganggu kesehatan bahkan merenggut nyawa seseorang. Dan juga bagi konsumen, jadilah seorang konsumen yang cerdas yang dapat memilih produk yang berkualitas juga tidak merugikan sesama konsumen. 

Terimakasih, semoga bermanfaat :) 

1 komentar: